Informasi

8 Risiko Dengan Sistem Operasi Dual Boot

8 Risiko Dengan Sistem Operasi Dual Boot – Mari singkirkan keraguan besar ini dari pikiran Anda. Ya, benar-benar aman untuk menggunakan Dual Boot Windows dan OS Linux, tetapi ada risiko yang terlibat. Jika sistem Anda tidak dapat menjalankan mesin virtual karena sifatnya yang intensif sumber daya, tidak ada salahnya menggunakan booting ganda. Ini mungkin terdengar menarik, dan tidak diragukan lagi dapat meningkatkan kinerja alat berat Anda, tetapi setiap pendekatan inovatif memiliki beberapa kelemahan.

8 Risiko Dengan Sistem Operasi Dual Boot

jenyburn – Anda mungkin menghadapi beberapa tantangan, tetapi Anda dapat mengatasinya dengan tindakan pencegahan dan peretasan tertentu. Dalam posting ini, kita akan membaca tentang 8 kemungkinan risiko yang mungkin membuat Anda kembali ke titik awal jika tidak ditangani sejak awal. Cari tahu tindakan pencegahan apa yang dapat Anda ambil untuk menghindari risiko ini dan langkah-langkah untuk memperbaikinya.

1. Kekurangan Ruang Penyimpanan

Jika Anda menjalankan dua sistem operasi pada satu mesin, keduanya akan membutuhkan sumber daya yang sama. Setiap OS akan membutuhkan aplikasinya dan elemen pendukung lainnya. Mari kita ambil contoh dual boot Windows 11 dan Ubuntu Desktop Edition berbasis Linux. Dokumen resmi menyebutkan ruang penyimpanan minimal 64 GB dan 25 GB untuk Windows 11 dan Ubuntu. Selain itu, jika Anda menggunakan OS secara bersamaan dan dalam proporsi yang setara, Anda akan segera menemui hambatan dan menghabiskan batas penyimpanan sistem Anda.

2. Ketidakmampuan Mengakses Data Karena Partisi Terkunci

Ini adalah salah satu masalah utama yang dihadapi pengguna dual boot Windows 10 dan 11. Anda akan menghadapi tantangan dalam mengakses data yang disimpan di OS selain OS Anda saat ini. Masalah utama terjadi jika, saat menggunakan Windows, sistem Anda tiba-tiba mati. Dalam kasus seperti itu, partisi yang digunakan untuk file pribadi mungkin terkunci, dan Anda akan menemukan pesan kesalahan berikut.

3. Penimpaan Data Yang Disimpan Atau OS Yang Ada Secara Tidak Sengaja

Ini adalah risiko yang dapat membatalkan perjalanan Anda bahkan sebelum memulai. Menginstal OS paralel adalah tugas yang rumit, dan mungkin mengakibatkan penimpaan data. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda mungkin akan menimpa partisi khusus untuk OS utama. Setelah Anda menimpa file OS, Anda tidak akan dapat menggunakan OS apa pun seperti dalam kasus tersebut; file menjadi rusak dan menolak akses pengguna yang tepat. Apalagi jika Anda secara tidak sengaja menimpa data penting yang sudah ada di PC Anda, itu akan mengakibatkan hilangnya data yang parah.

Baca Juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

4. Ancaman Virus dan Malware

OS berbasis Linux memiliki basis pengguna yang sangat kecil, sehingga sangat sedikit minat di antara penipu untuk menargetkan sistem Linux. Namun, OS Windows adalah salah satu hotspot favorit untuk serangan siber. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan lingkungan OS dual-boot, ancaman terhadap OS Linux Anda juga akan meningkat karena OS Windows di sekitarnya. Apalagi ancaman terhadap Linux kecil tapi tidak nihil. Oleh karena itu, Anda terbuka terhadap risiko ganda serangan virus dan malware dengan sistem operasi dual boot.

5. Masalah Perangkat Keras Karena Bug Driver

Meskipun Microsoft terus menerus menyediakan pembaruan untuk mengatasi bug apa pun pada OS, masih ada kemungkinan menghadapi beberapa bug. Masalah perangkat keras paling umum yang dihadapi pada sistem dual boot adalah yang terkait dengan kartu jaringan nirkabel asli. Jika kartu Wi-Fi dinonaktifkan di Windows, itu juga tidak akan berfungsi di Linux. Jika Anda belum memperbarui OS Windows, kartu Wi-Fi akan dinonaktifkan saat Anda mengganti OS. Demikian pula, komponen yang dapat dialihkan lainnya terpengaruh oleh bug dan karenanya tidak berfungsi di OS lain.

6. Berkurangnya Ketersediaan Disk Swap Space

Ruang swap adalah bagian kecil dari ruang disk yang digunakan untuk menggantikan memori fisik sistem. Setiap kali sistem kehabisan ruang fisik, OS Anda menyimpan data di ruang swap. Fungsi penting untuk mencegah kehilangan data pada PC Windows. Saat memasang sistem operasi ganda, keduanya menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Selain itu, jika Anda tidak mengelola aplikasi yang diinstal dengan benar, Anda akan kekurangan memori. Jika terlalu banyak ruang penyimpanan yang ditempati, sistem Anda kekurangan ruang swap, yang dapat mengakibatkan hilangnya data.

7. Penurunan Kinerja Disk dan PC

OS Windows adalah OS utama dalam skenario dual boot Windows dan Linux, sehingga mendapat perlakuan istimewa. Menjadi OS utama, Windows cenderung memiliki kinerja disk dan PC yang lebih baik. Ini memuat lebih cepat, dan aplikasi berjalan lebih baik. Namun, ini berdampak buruk pada OS sekunder (dalam hal ini, OS Linux), yang mengakibatkan melambatnya seluruh PC. Sayangnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindari risiko ini selain meminimalkan dampaknya.

8. Berkurangnya Produktivitas

Terakhir, sistem operasi Windows-Linux dual boot mungkin mencapai tujuan inti Anda untuk memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Jika Anda tidak terlalu berpengalaman dengan lingkungan Windows-Linux boot ganda, keseluruhan ide dapat berbalik melawan tujuan Anda. Anda mungkin juga merasa bingung saat sering berpindah dari satu OS ke OS lainnya karena UI yang berbeda untuk Windows dan Linux, aplikasi dan perintah yang berbeda, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Semua itu dikatakan, kami berharap tidak ada risiko di atas yang muncul dalam perjalanan Anda menuju peningkatan produktivitas. Dual boot bisa menjadi salah satu opsi sistem operasi terbaik saat Anda tahu jalan keluarnya. Dan, jika Anda sedikit berhati-hati dan mengambil tindakan perbaikan dan pencegahan, risiko apa pun saat menggunakan sistem Windows-Linux dual-boot dapat diabaikan. Namun terlepas dari semua itu, risiko kehilangan data masih lazim jika terjadi kesalahan, dan Anda dapat mengatasinya menggunakan Stellar Data Recovery Professional untuk Windows. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan dua OS luar biasa ini di PC Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.