Informasi, Windows

Perbandingan Windows 7 vs Vista vs XP

Perbandingan Windows 7 vs Vista vs XP – Windows mana yang terbaik? Kami membandingkan semuanya untuk mengetahuinya

Perbandingan Windows 7 vs Vista vs XP

jenyburn – Membeli OS Windows dulunya sangat sederhana. Sebuah versi baru muncul, kebanyakan orang setuju itu lebih baik daripada yang terakhir dan Anda akan mendapatkan salinan untuk PC Anda berikutnya. Pekerjaan selesai.

Tapi Windows Vista mengubah semua itu. Meskipun ketersediaan selama bertahun-tahun, penerimaan Vista yang buruk berarti bahwa produsen komputer masih menjual sistem baru dengan XP. Itu juga umum untuk laptop untuk diturunkan dari Vista ke XP, dengan daya tahan baterai dilaporkan meningkat sebagai hasilnya.

Memutuskan sistem operasi mana yang terbaik untuk Anda telah menjadi lebih rumit, dan kedatangan Windows 7 hanya memperumit masalah lebih lanjut. Apakah pendatang baru hanya Vista dengan facelift? Atau apakah Microsoft telah belajar dari kesalahannya dan memberikan produk yang akan memulihkan reputasinya yang rusak? Mungkin Anda harus melupakan Vista dan Windows 7 sama sekali, malah memilih XP yang matang?

Baca Juga : Mengingat Windows 2000, Karya Agung Microsoft yang Terlupakan

Pilihannya mungkin mudah. Jika Anda memiliki perangkat keras lama atau sangat dasar, misalnya, maka XP akan memiliki keuntungan yang pasti: intinya yang relatif ringan berarti sistem operasi secara teoritis dapat berjalan dengan hanya 64MB RAM, jadi akan ada banyak sumber daya yang tersisa untuk aplikasi Anda. .

Namun, jika Anda memiliki persyaratan kelas atas, seperti menggunakan PC yang kuat untuk menjalankan aplikasi tugas berat, Vista dan Windows 7 menjadi milik mereka sendiri . Mereka lebih baik dioptimalkan untuk CPU multicore, dan Windows 7 khususnya menyertakan sejumlah tweak untuk membuat yang terbaik dari perangkat keras terbaru.

Anda mungkin menemukan diri Anda berada di antara dua ekstrem ini, sehingga OS ‘terbaik’ untuk digunakan akan menjadi keputusan yang lebih sulit. Tapi jangan khawatir – bantuan sudah dekat. Kami telah melakukan tes PC dan laptop, menginstal XP, Vista dan Windows 7 pada mereka dan menerapkan sejumlah pengujian benchmark kehidupan nyata untuk melihat mana yang akan keluar di atas. Kami sadar bahwa kecepatan bukanlah segalanya, jadi kami juga menjelajahi fitur baru yang diperkenalkan setiap OS. Untuk mempermudah hidup Anda, kami telah membagi temuan kami menjadi delapan kategori, dengan keputusan keseluruhan di bagian akhir.

Jadi mana yang terbaik – Windows XP, Vista atau Windows 7? Baca terus untuk mengetahui apa yang telah kami temukan.

Sering dikatakan bahwa versi Windows terbaru menjadi membengkak, dan hampir tidak masuk akal untuk mengharapkan setiap OS baru berkinerja lebih baik daripada iterasi sebelumnya. Namun, ketika Windows XP pertama kali muncul pada tahun 2001, ia dirancang untuk berjalan dengan baik pada CPU Pentium II 300MHz dengan hanya 128MB RAM. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika OS yang ringan berjalan dengan cepat pada prosesor saat ini. OS yang lebih baru dapat mengoptimalkan perangkat keras modern dan menyertakan fitur yang lebih canggih, tetapi apakah fungsi tambahan ini benar-benar hanya memperlambat kita?

Untuk mengetahuinya, kami memutuskan untuk menguji kinerja setiap sistem operasi pada PC rata-rata. Sistem ini tidak terlalu istimewa menurut standar saat ini, yang terdiri dari CPU Intel dual-core E5200, RAM 2GB, dan kartu grafis ATI Radeon HD4550. Kami menginstal XP, Vista, dan Windows 7 dalam urutan itu (semua versi 32-bit) pada hard drive 500GB mesin dan menjalankan sejumlah tolok ukur dunia nyata untuk mengetahui OS mana yang terbaik.

Tes waktu boot tidak memberikan kejutan – Vista membutuhkan waktu paling lama untuk memulai, XP berada di posisi kedua dan Windows 7 adalah yang tercepat.

Pada awalnya sepertinya tolok ukur transfer file kami akan memberikan hasil yang sama. Vista menghasilkan kecepatan penyalinan yang buruk dalam pengujian file kecil kami, XP kembali menempati posisi kedua dan Windows 7 keluar sebagai yang teratas. Tetapi ketika kami mencoba mentransfer file 1GB yang lebih besar, Vista secara mengejutkan berhasil mengalahkan XP. Keduanya dikalahkan oleh Windows 7 yang cepat.

Ini terbukti benar untuk pengujian aplikasi kami juga. Buka spreadsheet Excel kecil atau file PDF, katakanlah, dan XP mengalahkan Vista, tetapi spreadsheet tugas berat dan file PDF dibuka lebih cepat di bawah Vista daripada XP. Sekali lagi, bagaimanapun, keduanya dikalahkan oleh pendatang baru.

Anda mungkin telah melihat tema di sini. Windows 7 memberikan hasil yang sangat baik, mengalahkan atau mendekati kinerja XP ringan di hampir semua kategori.

Jika kita menjalankan benchmark pada PC yang kurang kuat, mungkin dengan hanya 1GB RAM, maka kemungkinan Windows XP akan bernasib lebih baik daripada di sini. Tetapi bahkan untuk PC modern yang cukup mendasar, Windows 7 memberikan kinerja terbaik.

Salah satu dari sedikit hukum dasar komputasi adalah bahwa tidak ada jaringan yang secepat yang Anda inginkan, jadi berita tentang optimasi TCP/IP Vista disambut secara universal. Kemudian kami mencoba sistem baru untuk diri kami sendiri dan menyadari bahwa itu tidak sesuai dengan hype. Meskipun ada keadaan di mana jaringan Vista bekerja dengan baik – mentransfer file besar, misalnya – tes khas menunjukkan Windows XP sering bekerja lebih cepat daripada saudaranya yang lebih muda.

Masalah ini benar-benar memalukan, karena Vista memang menawarkan beberapa fitur jaringan yang berguna. Peta Jaringan menampilkan tampilan grafis yang bermanfaat dari semua perangkat Anda dan Wisaya Pengaturan Jaringan dapat benar-benar berguna. Biasanya lebih mudah untuk menemukan dan terhubung ke jaringan nirkabel juga, sementara enkripsi WPA2 membantu Anda tetap aman. Dan jika ada yang salah, setidaknya Anda akan mendapat manfaat dari laporan status terperinci Vista. Misalnya, Vista akan memberi tahu Anda jika jaringan Anda baik-baik saja tetapi Anda kehilangan koneksi internet. Kemudian opsi Diagnosis dan Perbaikan akan mencoba memperbaiki masalah tanpa memerlukan banyak masukan dari Anda. Secara internal, tidak ada yang terlalu rumit yang terjadi, tetapi apa pun yang membantu Anda menghindari penggunaan alat baris perintah samar harus disambut.

Windows 7 menggunakan fitur jaringan Vista dan menambahkan grup rumah – cara sederhana untuk membuat jaringan dan berbagi gambar, musik, video, dokumen, dan printer Anda dengan aman. Kedengarannya bagus, bukan? Kami tidak sepenuhnya yakin. Homegroup hanya akan bekerja dengan sistem Windows 7, jadi jika Anda memiliki PC XP atau Vista yang lama, maka Anda harus membuat dan mengelola jaringan Anda dengan cara kuno. Setelah Anda mengetahui bagaimana melakukannya, sulit untuk melihat mengapa Anda pernah pindah ke homegroup di masa depan. Bahkan mungkin sebagian besar pengguna akan mengabaikannya dan terus membuat dan mengelola jaringan seperti biasanya.

Namun, Windows 7 tampaknya telah meningkatkan kinerja jaringan Vista. Itu berdesak-desakan untuk posisi teratas dengan XP dalam pengujian kami, masing-masing memenangkan satu tes kecepatan transfer file masing-masing. Yang mengatakan, Windows 7 secara signifikan lebih cepat dalam mentransfer file besar. Seiring dengan set fitur yang umumnya berguna, itu sudah cukup bagi kami untuk memberikannya tempat pertama. Namun ketahuilah bahwa kecepatan jaringan dapat sangat bervariasi tergantung pada perangkat keras Anda, jadi pertimbangkan hasil kami sebagai sementara.